Psoriasis Tangan

Memiliki psoriasis dapat berarti bahwa Anda terus-menerus menerapkan lotion, menyembunyikan flare-up Anda, dan mencari obat terbaik dan berikutnya.

Memiliki psoriasis di tangan Anda bisa lebih sulit karena tangan Anda terus dipajang dan digunakan. Patch psoriasis juga bisa pecah dan berdarah karena mencuci atau menggunakan tangan Anda.

Untungnya, ada cara-cara untuk memperbaiki kondisi Anda. Pelajari lebih lanjut tentang perawatan di rumah dan penyebab psoriasis tangan.
Apa itu psoriasis?

Psoriasis adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh masalah autoimun. Ini menyebabkan rasa sakit, bengkak, kemerahan dan kulit bersisik.

Psoriasis muncul sebagai patch kulit tebal dengan sisik. Kulit di bawah biasanya berwarna merah dan iritasi. Beberapa orang dengan psoriasis juga memiliki radang sendi, yang disebut psoriatic arthritis.

Psoriasis mempengaruhi 2 hingga 3 persen dari populasi Amerika Serikat.

Berikut ini beberapa jenis psoriasis:

    Psoriasis plak. Ini adalah jenis yang paling umum dan sering muncul pada lutut, kulit kepala, siku, dan punggung bawah.
    Psoriasis gutata. Psoriasis guttate biasanya mempengaruhi batang tubuh dan anggota badan. Ini bermanifestasi di titik-titik kecil.
    Psoriasis terbalik. Lesi mengkilap muncul di tempat-tempat lipatan kulit, seperti di bawah payudara dan ketiak dan di antara kedua kaki.
    Psoriasis pustular. Formulir ini tidak biasa seperti yang lain. Ini menghasilkan luka yang dipenuhi nanah.
    Psoriasis eritroderma. Ini adalah bentuk psoriasis yang langka dan menyerang sebagian besar tubuh dengan ruam mirip luka bakar.

Bisakah psoriasis menyebar ke tangan saya?

Ya, psoriasis dapat membuat penampilan di bagian kulit Anda, termasuk tangan dan jari Anda. Dapat bermanifestasi sebagai retak, bengkak, atau melepuh.

Namun, psoriasis tidak disebarkan oleh sentuhan. Dan itu tidak menular.

Jika wabah psoriasis di salah satu bagian tubuh Anda, seperti lutut, menyentuh area tubuh Anda yang bebas psoriasis, seperti jari Anda, jari Anda tidak akan mendapatkan psoriasis dari kontak itu.

Anda juga tidak bisa terkena psoriasis atau memberi psoriasis kepada orang lain.
Palm psoriasis

Palmar dan psoriasis plantar hanya memengaruhi telapak tangan dan telapak kaki Anda. Jika Anda mengalami gejala psoriasis di telapak tangan Anda, Anda mungkin memiliki bentuk psoriasis ini.

Ini bisa disertai dengan benjolan nanah di tangan Anda. Perawatan untuk ini termasuk penggunaan kortikosteroid topikal yang agresif.
Penyebab psoriasis tangan

Psoriasis pada tangan disebabkan oleh sel darah putih yang disebut sel T yang membantu melindungi tubuh dari penyakit. Sel-sel ini dipicu di dalam tubuh karena kesalahan di tangan.

Peningkatan aktivitas sel T memperpendek umur sel-sel kulit di tangan Anda. Ini, pada gilirannya, menyebabkan pergantian sel yang lebih cepat, yang mengarah ke penumpukan dan pembengkakan kulit.

Psoriasis tangan dapat membuat tugas sehari-hari tertentu seperti mencuci piring sulit, karena kulit rentan terhadap retak atau pendarahan.

Jika Anda seorang penyedia perawatan kesehatan, perawat, atau penyedia layanan makanan, Anda mungkin lebih rentan terhadap serangan psoriasis tangan karena Anda sering mencuci dan mengeringkan tangan Anda.

Faktor lingkungan tertentu dapat memperburuk gejala Anda, termasuk:

    menekankan
    perubahan cuaca
    obat-obatan
    udara kering
    sinar matahari berlebih atau terlalu sedikit sinar matahari
    infeksi

Mencegah psoriasis pada tangan

Psoriasis adalah kondisi kronis. Oleh karena itu, perawatan dirancang untuk mengontrol gejala Anda, tetapi tidak akan menyembuhkan kondisi. Perawatan dapat bersifat topikal, dalam bentuk pil, suntikan, dan terapi UV.

Perawatan topikal yang paling populer dan dapat meliputi:

    asam laktat
    salep anti-inflamasi
    pelembab
    salep atau krim yang mengandung vitamin A atau D

Perawatan rumah psoriasis tangan

Sementara psoriasis adalah kondisi kronis, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu mengobatinya dan mencegah flare-up psoriasis tangan.

    Jagalah tangan Anda tetap bersih, tetapi jangan menggosoknya terlalu keras.
    Cuci tangan Anda dengan air hangat bukan panas.
    Gunakan sabun tangan yang melembabkan kulit Anda.
    Catat dan hindari hal-hal yang tampaknya menyebabkan gejolak.
    Dapatkan sinar matahari yang cukup, tetapi berhati-hatilah agar tidak terbakar matahari.
    Oleskan lotion setelah mencuci piring atau melakukan tugas dengan tangan Anda.

Pandangan

Psoriasis di tangan atau bagian lain dari tubuh adalah kondisi kronis. Regimen perawatan kulit dapat membantu Anda mengelolanya. Jika tidak berhasil, tambalan psoriasis di tangan Anda dapat menyebabkan kulit retak atau berdarah.

Jika Anda terus mengalami gejala psoriasis meskipun sudah diobati, hubungi dokter Anda.

Jika Anda mengalami nyeri sendi atau demam serta psoriasis, diskusikan gejala Anda dengan dokter karena Anda mungkin sedang mengembangkan psoriasis arthritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar