Psoriasis: Fakta, Statistik, dan Anda

Psoriasis adalah kondisi yang dimediasi kekebalan yang menyebabkan tubuh untuk membuat sel-sel kulit baru dalam beberapa hari, bukan minggu.

Ada beberapa jenis psoriasis, yang paling umum adalah psoriasis plak. Ini menyebabkan tambalan kulit merah tebal dan sisik keperakan yang biasanya ditemukan di siku, lutut, dan kulit kepala.

Psoriasis menyebabkan gatal dan iritasi dan bisa menyakitkan. Belum ada obat untuk psoriasis, tetapi pengobatan dapat meredakan gejala.

Baca terus untuk mengetahui penyebab psoriasis, prevalensi, gejala, pilihan pengobatan, dan banyak lagi.
Prevalensi

Siapa pun bisa terkena psoriasis, tanpa memandang usia. Tetapi psoriasis paling mungkin muncul pertama kali antara usia 15 dan 35 tahun. Pria dan wanita mendapatkannya pada tingkat yang sama.

Menurut Federasi Psoriasis Asosiasi Internasional (IFPA), hampir 3 persen dari populasi dunia memiliki beberapa bentuk psoriasis. Itu sekitar 125 juta orang.

Organisasi Kesehatan Dunia mencatat pada tahun 2016 bahwa prevalensi psoriasis yang dilaporkan di seluruh dunia berkisar antara 0,09 persen dan 11,43 persen, menjadikan psoriasis sebagai masalah global yang serius dengan setidaknya 100 juta orang terkena dampak di seluruh dunia.

Di Amerika Serikat, itu mempengaruhi sekitar 7,5 juta orang, dan ada sekitar 150.000 kasus baru setiap tahun.

Meskipun para ilmuwan tidak tahu apa sebenarnya penyebab psoriasis, kami tahu bahwa sistem kekebalan tubuh dan genetika memainkan peran utama dalam perkembangannya.
Gejala

Psoriasis biasanya menyebabkan bercak tebal, kulit merah dengan sisik keperakan yang gatal atau terasa perih.

Psoriasis dapat muncul di mana saja - pada kelopak mata, telinga, mulut dan bibir, lipatan kulit, tangan dan kaki, dan kuku. Dalam kasus ringan, dapat menyebabkan bercak kulit kering dan gatal di kulit kepala Anda.

Dalam kasus yang parah, dapat menyebar ke area tubuh yang luas dan menyebabkan berbagai gejala tidak nyaman.

Dengan psoriasis, kulit merah dan kasar mengambil penampilan sisik perak. Kulit Anda juga bisa kering dan pecah-pecah, yang bisa membuatnya berdarah. Kuku dan kuku jari kaki Anda bisa menjadi tebal dan diadu.

Anda mungkin sesekali bergejolak diikuti saat Anda tidak memiliki gejala.
Jenis psoriasis
Psoriasis plak

Plak psoriasis adalah jenis psoriasis yang paling umum, dan dapat terasa gatal dan menyakitkan. Itu membuat sekitar 80 persen atau lebih dari kasus dan menyebabkan lesi kulit merah dan sisik perak yang dapat terjadi di mana saja pada tubuh.

Ini bahkan bisa muncul di bagian dalam mulut Anda atau di alat kelamin Anda.
Psoriasis kulit kepala

Psoriasis juga bisa terjadi pada kulit kepala Anda. Gejala utamanya adalah kulit kepala yang kering dan gatal.

Diperkirakan bahwa hingga 80 persen orang dengan psoriasis akan mengalami flare-up di kulit kepala mereka. Anda mungkin juga melihat serpihan di rambut dan di bahu Anda. Menggaruk dari gejala-gejala ini dapat menyebabkan pendarahan.
Psoriasis kuku

Psoriasis pada kuku dan kuku jari kaki dapat menyebabkan kuku Anda tampak berlubang dan berubah warna. Kuku bisa menjadi lemah dan hancur, dan mereka bahkan bisa terpisah dari dasar kuku Anda.
Artritis psoriatik

Hingga 30 persen orang dengan psoriasis terus mengembangkan psoriatic arthritis, menurut National Psoriasis Foundation.

Nyeri sendi, kekakuan, dan pembengkakan adalah gejala utama psoriasis arthritis. Gejala dapat mempengaruhi bagian tubuh Anda, termasuk ujung jari dan tulang belakang Anda, dan dapat berkisar dari relatif ringan hingga berat.
Psoriasis gutata

Jenis psoriasis ini dapat dipicu oleh infeksi bakteri. Ini umumnya mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa muda, dan diperkirakan mempengaruhi sekitar 10 persen orang dengan psoriasis.

Luka kulit muncul di kulit kepala, badan, lengan, dan kaki. Sisik-sisik ini lebih baik daripada yang berasal dari jenis psoriasis lainnya. Beberapa orang dengan jenis ini hanya memiliki satu wabah yang sembuh tanpa pengobatan, sementara yang lain terus mewabah seiring waktu.
Psoriasis terbalik

Invers psoriasis dapat menyebabkan bercak merah, kulit yang teriritasi di lipatan tubuh, seperti ketiak, di bawah payudara, atau di sekitar alat kelamin dan selangkangan.

Inverse psoriasis menyebabkan bercak halus merah, kulit meradang yang memburuk dengan gesekan dan berkeringat. Ini mungkin dipicu oleh infeksi jamur.
Psoriasis pustular

Psoriasis pustular adalah jenis psoriasis yang langka yang dapat muncul dengan cepat. Pertama, kulit Anda menjadi merah dan lembut saat disentuh. Dalam beberapa jam, lecet berisi nanah muncul. Lepuh ini dapat hilang dan kembali dari waktu ke waktu.

Flare-up dapat dipicu oleh infeksi, iritasi, atau bahkan oleh beberapa obat. Selain gatal, psoriasis pustular dapat menyebabkan:

    demam
    panas dingin
    diare
    masalah ginjal dan hati

Masalah-masalah ini bisa menjadi parah. Dengan satu jenis psoriasis pustular, Von Zumbusch, Anda memerlukan perawatan medis segera karena dapat mengancam jiwa. Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk mengobatinya.
Psoriasis eritroderma

Jenis psoriasis yang langka namun berat ini dapat mempengaruhi seluruh tubuh Anda. Ini dapat menyebabkan rasa gatal dan nyeri yang parah, dan membuat kulit terlepas dalam lembaran.

Diperkirakan mempengaruhi kurang dari 3 persen orang dengan psoriasis.

Gejala termasuk:

    merah, kulit mengelupas
    rasa gatal
    sensasi terbakar

Obat-obatan, seperti kortikosteroid, dapat memicu psoriasis eritroderma. Pemicu lainnya termasuk:

    pengobatan fototerapi
    terbakar sinar matahari
    psoriasis yang telah menyebar

Bentuk psoriasis ini dapat mengancam jiwa dan jika Anda memiliki jenis flare ini, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.
Penyebab dan faktor risiko
Penyebab

Penyebab pasti psoriasis tidak diketahui. Penelitian menunjukkan bahwa psoriasis bisa menjadi penyakit autoimun, meskipun tidak ada autoantigen yang dapat bertanggung jawab telah ditentukan.

Dalam sistem kekebalan Anda, tugas sel T Anda untuk menyerang organisme asing untuk membuat Anda tetap sehat. Bagi mereka dengan psoriasis, sel T keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat. Hal ini menyebabkan kelebihan produksi sel kulit baru, sel T, dan sel darah putih.

Ini semua memungkinkan sel kulit mati terakumulasi. Akumulasi menciptakan tanda-tanda patch bersisik yang terlihat pada psoriasis.

Tidak ada jenis psoriasis yang menular. Anda tidak dapat menangkap psoriasis dari seseorang yang memilikinya.
Faktor risiko

Banyak orang dengan psoriasis memiliki riwayat penyakit dalam keluarga, dan para peneliti telah menemukan beberapa gen yang terkait dengan psoriasis.

Menurut National Psoriasis Foundation, Anda 10 persen lebih mungkin terkena psoriasis jika salah satu orangtua Anda memilikinya. Risiko Anda bahkan lebih tinggi - 50 persen - jika kedua orang tua Anda memilikinya.

Infeksi bakteri atau virus juga bisa menjadi faktor. Menurut Mayo Clinic, Anda berisiko lebih besar terkena psoriasis jika Anda mengidap HIV. Anak-anak yang sering mengalami radang tenggorokan atau infeksi berulang lainnya juga memiliki risiko yang lebih tinggi. Ini mungkin karena cara infeksi ini mempengaruhi sistem kekebalan Anda.
Obat-obatan tertentu juga dapat berperan dalam perkembangan psoriasis. Berikut ini semua telah dikaitkan dengan psoriasis:

    lithium
    beta-blocker
    tetrasiklin
    obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID)
    obat malaria

Perokok memiliki risiko psoriasis yang lebih tinggi. Jika Anda sudah memiliki kondisinya, merokok bisa membuatnya lebih buruk.

Area kulit yang telah terluka atau trauma kadang-kadang merupakan situs psoriasis. Namun, tidak semua orang yang mengalami psoriasis mengembangkannya di lokasi cedera.

Obesitas juga dikaitkan dengan psoriasis, tetapi pertanyaannya tetap: Mana yang lebih dulu? Apakah psoriasis menyebabkan obesitas atau apakah obesitas meningkatkan risiko psoriasis?

Ada beberapa bukti bahwa obesitas memengaruhi individu untuk mengembangkan psoriasis. Jadi, penting untuk makan sehat dan menjaga berat badan yang sehat untuk juga menghindari masalah kesehatan terkait psoriasis seperti:

    tekanan darah tinggi
    diabetes
    penyakit kardiovaskular

Flare-up juga dapat disebabkan oleh stres atau dipicu oleh obat-obatan, cuaca, atau alkohol tertentu.
Tes dan diagnosis

Meskipun efeknya cukup besar terhadap kualitas hidup, psoriasis kurang terdiagnosis dan tidak terobati. Jika Anda mencurigai Anda mungkin mengidap psoriasis, hubungi dokter kulit bersertifikat yang dapat memeriksa kulit, kuku, dan kulit kepala Anda untuk mengetahui tanda-tanda kondisi.

Dalam kebanyakan kasus, diagnosis psoriasis sangat mudah. Seorang dokter biasanya dapat membuat tekad dengan melakukan pemeriksaan fisik dan meninjau riwayat medis Anda.

Jika ada keraguan, dokter Anda mungkin melakukan biopsi untuk memastikan diagnosis. Artritis psoriatik akan membutuhkan tes tambahan.
Pengobatan

Saat ini tidak ada obat untuk psoriasis, tetapi perawatan dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit dan mengurangi rasa sakit, gatal, dan ketidaknyamanan.

Perawatan dapat dibagi menjadi tiga tipe utama:

    perawatan topikal
    terapi cahaya
    obat sistemik

Perawatan terbaik bervariasi menurut individu, dengan mempertimbangkan jenis psoriasis yang Anda miliki, di mana itu ada di tubuh Anda, dan kemungkinan efek samping obat-obatan.

Untuk kasus ringan, ada berbagai salep oles over-the-counter (OTC) yang dapat membantu. Ada juga sejumlah hal yang dapat Anda lakukan di rumah yang akan membantu mengobati gejala psoriasis.

Resep kortikosteroid juga dapat membantu, tetapi seringkali hanya digunakan selama flare-up. Perawatan topikal lainnya termasuk:

    calcipotriene (Dovonex) dan calcitriol (Rocaltrol), sintetis (buatan manusia) vitamin D yang bekerja dengan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit
    anthralin (Dritho-Scalp), yang mengatur aktivitas DNA dalam sel-sel kulit dan menghilangkan timbangan
    tazarotene (Tazorac), turunan dari vitamin A yang digunakan untuk menormalkan aktivitas DNA dan mengurangi peradangan
    tacrolimus (Prograf) dan pimecrolimus (Elidel), yang bekerja dengan mengurangi peradangan
    asam salisilat, yang digunakan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati
    tar batubara, yang bekerja dengan mengurangi peradangan dan penskalaan
    pelembap, digunakan untuk menenangkan kulit kering

Terapi cahaya dan sinar matahari alami juga dapat meringankan gejala psoriasis. Ini karena cahaya dapat memperlambat pertumbuhan dan penskalaan sel kulit. Fototerapi dapat dikombinasikan dengan agen topikal atau sistemik lainnya untuk meningkatkan efektivitas.

Pilihan pengobatan lainnya adalah obat oral dan suntik. Ini termasuk:

    retinoid
    metotreksat
    siklosporin

Obat biologis, atau biologis, biasanya diresepkan untuk psoriasis sedang hingga berat dan psoriatic arthritis yang belum merespon perawatan lain. Biologik diberikan melalui suntikan atau infus intravena (IV).
Komplikasi

Memiliki psoriasis meningkatkan risiko psoriasis arthritis. Sekitar 10 hingga 30 persen orang dengan psoriasis akan mengembangkan psoriasis arthritis.

Psoriasis juga dapat meningkatkan risiko Anda:

    tekanan darah tinggi
    penyakit kardiovaskular
    diabetes tipe 2
    penyakit ginjal
    Penyakit Parkinson
    gangguan autoimun lainnya, seperti penyakit Crohn dan penyakit celiac
    masalah mata seperti konjungtivitis, uveitis, dan blepharitis

Sementara obat dapat mengurangi atau menghapus psoriasis, segala sesuatu yang mengiritasi kulit Anda dapat menyebabkan psoriasis memerah - bahkan ketika Anda menggunakan obat-obatan. Karena kondisi ini kronis, psoriasis dapat secara signifikan memengaruhi kualitas hidup Anda.

Organisasi Kesehatan Dunia mencatat bahwa 48 persen orang melaporkan bahwa kecacatan mereka karena psoriasis memiliki dampak sederhana pada kegiatan kehidupan sehari-hari. Serangan psoriasis yang sering dapat menyebabkan orang menarik diri dari situasi sosial atau bekerja. Ini dapat menyebabkan perasaan depresi.
Bicaralah dengan dokter Anda

Jika Anda memiliki psoriasis, kunjungi dokter Anda sesering yang direkomendasikan. Mereka dapat membantu Anda menemukan rencana perawatan yang sesuai untuk Anda.

Karena risiko komplikasi, dokter Anda harus melakukan pemeriksaan dan pemeriksaan rutin untuk memeriksa kondisi terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar