Dapatkah Minyak Esensial Mengobati atau Mencegah Pilek?

Kebanyakan orang tahu kesengsaraan flu dan pergi keluar untuk mencari solusi. Jika obat dingin Anda tidak memberikan bantuan, pertimbangkan untuk menggunakan metode alternatif untuk mengobati gejala Anda. Minyak atsiri dapat mengobati gejala seperti kongesti dan bahkan memperpendek durasi kedinginan Anda.
Manfaat dari minyak esensial
Manfaat

    Minyak atsiri dapat berfungsi sebagai alternatif untuk pengobatan.
    Minyak tertentu dapat membantu Anda tidur, yang dapat mengurangi risiko terkena flu.
    Beberapa minyak dapat membantu mengobati infeksi virus, sementara yang lain dapat mengurangi demam.

Minyak atsiri adalah alternatif dari obat-obatan yang diresepkan dan yang dijual bebas (OTC). Beberapa minyak esensial dapat membantu Anda tertidur. Tidur yang cukup dapat membantu mencegah masuk angin.

Penelitian menunjukkan orang yang tidur kurang dari enam jam semalam memiliki empat kali risiko terkena flu daripada orang yang tidur tujuh jam semalam atau lebih.

Minyak atsiri yang mempromosikan relaksasi dan tidur meliputi:

    lavender
    kamomil
    bergamot
    kayu cendana

Apa kata penelitian itu

Meskipun minyak esensial telah digunakan sebagai obat tradisional selama berabad-abad, tidak banyak penelitian ilmiah yang mendukung keefektifan mereka terhadap pilek biasa. Beberapa studi memang mendukung penggunaannya.

Satu studi tahun 2010 menunjukkan bahwa menghirup uap dengan minyak esensial chamomile membantu meredakan gejala-gejala dingin. Sebuah studi 2010 terpisah menemukan bahwa minyak melaleuca, juga dikenal sebagai minyak pohon teh, memiliki sifat antivirus.

Rasa dingin yang parah terkadang bisa berubah menjadi kasus bronkitis yang parah. Menurut review 2010, minyak kayu putih memiliki sifat antiviral dan antimikroba. Sifat-sifat ini secara historis telah digunakan untuk mengobati flu biasa. Minyak kayu putih yang dihirup atau oral dan komponen utamanya, 1,8-cineole, dapat dengan aman melawan virus dan masalah pernapasan seperti bronkitis. Eucalyptus juga digunakan untuk membuat kompres dingin untuk mengurangi demam.

Minyak peppermint digunakan sebagai dekongestan alami dan peredam demam. Ini mengandung mentol, bahan yang ditemukan dalam gosok topikal yang membantu meredakan kemacetan. Sebuah studi in vitro 2003 menunjukkan aktivitas viral minyak peppermint. Menthol juga digunakan dalam banyak obat batuk untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk tenang.
Cara menggunakan minyak esensial untuk masuk angin

National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA) merekomendasikan beberapa metode untuk menggunakan minyak esensial.

Menghirup uap seperti sauna minyak esensial. Untuk hasil terbaik, ikuti langkah-langkah berikut:

    Tempatkan hingga tujuh tetes minyak esensial dalam panci besar atau semangkuk air mendidih.
    Bersandarlah di atas mangkuk (jauhkan sekitar sepuluh inci atau Anda mungkin akan mengalami luka bakar) dan tutup kepala Anda dengan handuk untuk membuat tenda.
    Tutup mata Anda dan hirup melalui hidung Anda selama tidak lebih dari dua menit setiap kali.

Untuk langsung menghirup minyak esensial, hirup mereka langsung dari botol atau tambahkan hingga tiga tetes ke bola kapas atau saputangan dan tarik napas. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes ke bantal Anda sebelum tidur.

Cara bersantai dan kurang intens untuk menggunakan minyak esensial adalah di kamar mandi Anda. Aduk dua hingga 12 tetes ke dalam satu sendok makan minyak pembawa dan tambahkan campuran tersebut ke air mandi Anda.

Anda dapat membantu meringankan sakit kepala dengan mengoleskan setetes minyak peppermint yang diencerkan ke pelipis Anda.

Aromaterapi diffusers adalah metode kurang langsung menghirup minyak esensial. Diffuser listrik dan lilin menawarkan dispersi minyak ringan; vaporizers memberikan difusi yang lebih intens.
Risiko dan peringatan
Risiko

    Menerapkan minyak esensial murni ke kulit Anda dapat menyebabkan luka bakar atau iritasi.
    Menghirup aroma dalam jumlah besar atau dalam waktu lama dapat menyebabkan pusing.
    Banyak minyak esensial mungkin tidak aman untuk anak-anak.

Minyak atsiri umumnya aman bila digunakan dalam dosis rendah, tetapi minyak ini ampuh dan harus digunakan dengan hati-hati. Anda tidak boleh menelan minyak esensial. Ketika digunakan murni pada kulit, minyak esensial dapat menyebabkan luka bakar, peradangan, gatal, dan ruam. Untuk mengurangi risiko iritasi, encerkan minyak esensial dengan minyak pembawa seperti:

    minyak jojoba
    minyak almond manis
    minyak zaitun
    minyak kelapa
    minyak biji anggur

Sebelum menggunakan minyak esensial untuk anak-anak atau bayi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau aromaterapis terlatih. Untuk anak-anak, NAHA merekomendasikan menggunakan tiga tetes minyak esensial per satu ons minyak pembawa. Untuk orang dewasa, NAHA merekomendasikan menggunakan 15 hingga 30 tetes minyak esensial per satu ons minyak pembawa.

Minyak peppermint tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah enam tahun. Menurut sebuah studi tahun 2007, mentol telah menyebabkan anak-anak berhenti bernafas dan bayi mengembangkan ikterus.

Menghirup minyak esensial dalam jumlah besar atau untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, dan mual.

Jika Anda hamil atau memiliki kondisi medis yang serius, Anda tidak boleh menggunakan minyak esensial tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Perawatan tradisional untuk gejala dingin

Tidak ada obat yang dikenal untuk pilek biasa. Ini berarti bahwa jika Anda mengalami pilek, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah membiarkannya berjalan dengan sendirinya. Seiring dengan penggunaan minyak esensial, Anda juga dapat meringankan gejala Anda dengan:

    acetaminophen atau ibuprofen untuk demam, sakit kepala, dan nyeri ringan dan nyeri
    obat dekongestan untuk mengurangi kemacetan dan membersihkan saluran hidung
    kumur air garam untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk
    teh panas dengan lemon, madu, dan kayu manis untuk meredakan sakit tenggorokan
    cairan untuk tetap terhidrasi

Jika ibumu memberimu sup ayam ketika kamu terkena flu, dia pergi ke sesuatu. Sebuah studi tahun 2000 menunjukkan sup ayam memiliki sifat anti-peradangan yang membantu mengurangi keparahan infeksi pernapasan. Sup ayam dan cairan hangat lainnya, seperti teh panas, membantu melonggarkan kemacetan dan mencegah dehidrasi.

Menurut review 2007, echinacea dapat membantu mencegah masuk angin dan memperpendek durasi mereka. Pelega tenggorokan yang dikonsumsi dalam waktu 24 jam sejak timbulnya gejala juga dapat memperpendek durasi flu.
Apa yang bisa Anda lakukan sekarang untuk bantuan dingin

Jika Anda masuk angin, cobalah menghirup uap minyak esensial untuk membantu mengatasi kemacetan. Minum banyak cairan dan istirahatlah sebanyak mungkin. Sebagian besar pilek hilang dalam seminggu. Jika Anda tetap hidup atau demam, batuk, atau kesulitan bernafas, konsultasikan dengan dokter Anda.

Cara terbaik untuk mencegah flu di masa depan adalah menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat. Anda dapat melakukan ini dengan makan diet seimbang, mendapatkan tidur yang cukup, dan berolahraga secara teratur. Saatnya belajar tentang minyak esensial dan membeli persediaan yang Anda butuhkan tidak ketika Anda sakit. Pelajari semua yang Anda bisa sekarang sehingga Anda siap menggunakannya pada tanda-tanda pertama gejala. Mulailah dengan beberapa minyak dasar seperti lavender, pepermin, dan pohon teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar