Makanan dan Minuman Saat Sakit Tenggorokan

Ketika Anda mengalami sakit tenggorokan, rasa terbakar dan tidak nyaman yang ditimbulkannya dapat menyebabkan sulit untuk minum atau makan. Makanan apa yang baik untuk dimakan dan minum ketika Anda sakit tenggorokan?

Terus membaca untuk mengetahui hal-hal terbaik untuk makan dan minum ketika Anda sakit tenggorokan dan hal-hal yang mungkin ingin Anda hindari.
Makanan dan minuman apa yang harus Anda miliki?

Makanan yang lembut dan sangat mudah untuk menelan biasanya aman untuk dimakan ketika Anda sakit tenggorokan. Tekstur lembut akan membantu membatasi jumlah iritasi pada tenggorokan Anda. Makanan dan minuman hangat juga dapat membantu menenangkan tenggorokan Anda.

Beberapa makanan yang mungkin ingin Anda makan adalah:

    pasta hangat, dimasak, termasuk makaroni dan keju
    oatmeal hangat, sereal yang dimasak, atau bubur jagung
    pencuci mulut gelatin
    yogurt biasa atau yogurt dengan buah-buahan yang dihaluskan
    sayuran yang dimasak
    smoothie buah atau sayuran
    kentang tumbuk
    sup kaldu dan krim
    susu
    jus nonacidic, seperti jus anggur atau apel
    telur orak-arik atau telur rebus
    es potong

Makan dan minum barang-barang ini akan memungkinkan Anda untuk tetap bergizi tanpa mengganggu tenggorokan Anda yang sudah sakit.
Makanan dan minuman apa yang harus Anda hindari?

Anda harus menghindari makanan yang mungkin mengiritasi tenggorokan Anda lebih banyak atau yang sulit ditelan. Makanan-makanan ini mungkin termasuk:

    kerupuk
    roti kering
    bumbu pedas dan saus
    soda
    kopi
    alkohol
    makanan kudapan kering, seperti keripik kentang, pretzel, atau popcorn
    sayuran mentah segar
    buah-buahan asam, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, tomat, dan grapefruits

Pada beberapa orang, susu dapat menebalkan atau meningkatkan produksi lendir. Ini mungkin mendorong Anda untuk membersihkan tenggorokan Anda lebih sering, yang dapat memperparah sakit tenggorokan Anda.
Cara mengobati sakit tenggorokan

Cara pertama dan paling hemat biaya untuk meredakan sakit tenggorokan Anda adalah dengan berkumur dengan air hangat dan garam. Tuangkan sekitar satu sendok makan garam ke dalam 8 ons air hangat. Aduk garam di sekitar air. Kemudian, ambil beberapa teguk, balikkan kepala Anda, dan berkumurlah. Pastikan tidak menelan. Sebaliknya, keluarkan dan ulangi.

Beberapa obat herbal dapat membantu. Herbal semprot tenggorokan, tetes, atau teh yang mengandung akar licorice atau bunga honeysuckle dapat memberikan beberapa bantuan. Sebelum menggunakan perawatan herbal, pastikan Anda mengetahui potensi apa pun:

    efek samping
    alergi
    interaksi dengan obat lain
    interaksi dengan suplemen herbal lainnya

Jika Anda tidak yakin apa yang dapat Anda bawa dengan aman, tanyakan kepada dokter Anda. Ini terutama benar jika Anda hamil atau berpikir Anda mungkin hamil. Beberapa obat herbal tidak aman digunakan selama kehamilan.

Baca lebih lanjut: Mengobati pilek atau flu saat hamil »

Anda juga dapat menggunakan metode over-the-counter. Pelonggaran tenggorokan yang bisa Anda dapatkan di beberapa toko bahan makanan dan toko obat tidak hanya menghilangkan sedikit sakit tenggorokan, tetapi banyak juga yang memiliki rasa yang menyenangkan.

Acetaminophen (Tylenol) adalah pereda nyeri ringan yang digunakan sebagian orang untuk sakit dan nyeri ringan. Ini juga dapat membantu menenangkan sakit tenggorokan. Sebelum mengonsumsi acetaminophen, pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan dan ambil jumlah yang disarankan yang terbaik untuk Anda.

Jika tidak satu pun dari metode ini memberi Anda bantuan yang lama atau lama dan sakit tenggorokan Anda berlanjut, Anda mungkin perlu mencoba obat resep. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda tidak dapat menemukan bantuan.

 Kapan mengunjungi dokter Anda

Jika sakit tenggorokan Anda tidak hilang, temui dokter Anda. Kebanyakan sakit tenggorokan terjadi karena infeksi virus, seperti pilek atau flu, atau infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan. Jika Anda memiliki infeksi bakteri, dokter Anda dapat meresepkan antibiotik. Antibiotik tidak akan mengobati sakit tenggorokan yang terjadi karena infeksi virus.

Sakit tenggorokan juga bisa terjadi karena faktor lingkungan seperti alergi musiman, menghirup asap rokok, atau bahkan udara kering. Orang yang mendengkur juga bisa mengalami sakit tenggorokan.

Pelajari lebih lanjut: Alergi dan sakit tenggorokan: Mengobati penyebabnya »

Temui dokter Anda jika sakit tenggorokan Anda menjadi tidak tertahankan dan Anda mulai merasa lebih buruk atau jika Anda mengalami gejala lain seperti:

    kesulitan menelan atau bernapas
    demam
    ruam
    kelenjar bengkak
    nyeri atau nyeri sendi yang tidak bisa dijelaskan

Anda juga harus menemui dokter Anda jika sakit tenggorokan Anda berlangsung lebih dari satu minggu. Dokter Anda dapat menjalankan tes untuk menyingkirkan segala sesuatu yang memerlukan perhatian lebih lanjut.
Pandangan

Sakit tenggorokan Anda mungkin akan memakan waktu beberapa hari untuk pergi, tetapi Anda bisa lega sekarang dengan:

    berkumur dengan air garam
    mengambil acetaminophen seperti yang direkomendasikan pada label
    memperlakukan diri Anda sendiri dengan es loli es
    banyak istirahat
    minum teh herbal hangat
    tetap terhidrasi

Sakit tenggorokan biasanya hilang dalam waktu seminggu, tetapi biasanya hanya berlangsung beberapa hari. Anda biasanya dapat mengobati sakit tenggorokan Anda dengan perawatan di rumah.

Temui dokter Anda jika:

     Anda mencurigai Anda memiliki infeksi bakteri
     sakit tenggorokanmu tidak membaik
     sakit tenggorokanmu semakin parah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar