Mengidentifikasi Psoriasis Bayi

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan produksi sel-sel kulit baru untuk mempercepat. Ini menghasilkan akumulasi sel-sel kulit ekstra.

Sel-sel ekstra ini membentuk bercak merah dan bersisik yang dikenal sebagai plak yang memiliki batas tajam dan abu-abu hingga serpihan perak-putih, yang disebut skala. Mungkin di mana saja dari sedikit hingga sangat gatal.

Psoriasis mempengaruhi semua usia. Biasanya berkembang antara usia 15 dan 30. Meskipun jarang, psoriasis memang bisa terjadi pada bayi.
Apa yang menyebabkan psoriasis bayi?

Psoriasis tidak menular, jadi tidak dapat ditularkan dari orang ke orang. Meskipun penyebab pasti dari psoriasis tidak diketahui, ada beberapa faktor yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan psoriasis pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa.

Psoriasis dianggap disebabkan oleh kombinasi genetika, kerentanan terhadap penyakit autoimun, dan pemicu lingkungan atau infeksi.

Riwayat keluarga adalah komponen psoriasis yang kuat. Seorang kerabat tingkat pertama atau kedua yang memiliki psoriasis sangat meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan psoriasis.

Riwayat keluarga gangguan autoimun seperti penyakit tiroid, multiple sclerosis, atau penyakit Crohn dapat meningkatkan kemungkinan bayi mengembangkan psoriasis, yang juga dianggap sebagai gangguan autoimun.

Pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa, obesitas merupakan faktor risiko untuk psoriasis. Ini biasanya bukan merupakan faktor pada masa bayi.

Stres, penggunaan obat-obatan tertentu, cuaca dingin, dan trauma kulit adalah kemungkinan penyebab lain, lebih banyak pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa.

Pada bayi dan anak-anak, onset psoriasis sering didahului oleh infeksi. Pilek dapat menjadi pemicu umum pada bayi. Infeksi tenggorokan radang adalah pemicu infeksi yang lebih umum untuk psoriasis pada anak yang lebih tua.
Bagaimana diagnosa psoriasis bayi?

Psoriasis pada bayi adalah kondisi yang langka. Ini juga sangat sulit untuk didiagnosis karena mungkin tampak mirip dengan kondisi kulit bayi lainnya (jauh lebih umum). Riwayat keluarga dan pengamatan dekat oleh seorang spesialis diperlukan untuk diagnosis.

Jika bayi Anda memiliki ruam yang tetap bertahan meskipun menggunakan krim dan perawatan di rumah, Anda harus menemui dokter anak Anda untuk meminta bantuan. Seorang dokter akan dapat mengidentifikasi kemungkinan penyebab ruam.

Untuk mendiagnosis psoriasis bayi, ruam harus diamati untuk beberapa waktu. Melihat dokter kulit dapat membantu.
Apa tanda-tanda psoriasis bayi?

Psoriasis adalah penyakit autoimun non-menular yang menyerang kulit. Sebagian besar jenis psoriasis menghasilkan bercak-bercak putih kemerahan pada kulit di berbagai bagian tubuh. Tambalan ini mungkin gatal dan menyakitkan, atau bahkan pecah dan berdarah.

Pada bayi, lokasi yang paling umum untuk lesi ini adalah wajah, leher, siku, lutut, daerah popok, dan kulit kepala. Psoriasis pada bayi dapat sembuh dan tidak pernah kambuh, tidak seperti psoriasis di kemudian hari, yang cenderung datang dan berjalan seiring waktu.

Selanjutnya, kita akan melihat lebih dekat pada jenis psoriasis.
Seperti apakah bentuk psoriasis bayi?
Apa jenis psoriasis yang bisa didapat bayi?

Ada banyak variasi psoriasis yang orang, termasuk bayi, dapat kembangkan.
Napkin psoriasis

Ini adalah jenis psoriasis khusus untuk bayi. Lesi kulit muncul di area popok. Ini dapat membuat diagnosis sulit, karena bayi mengembangkan banyak jenis ruam popok lainnya.
Psoriasis plak

Ini adalah jenis psoriasis yang paling umum di semua usia. Psoriasis plak tampak seperti bercak-bercak putih, bersisik, kemerahan, atau perak, terutama pada punggung bawah, kulit kepala, siku, dan lutut.

Pada anak-anak, plak cenderung lebih kecil dalam ukuran individual dan lebih lunak.
Psoriasis gutata

Psoriasis gutata lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak daripada orang dewasa, meskipun ini masih merupakan tipe psoriasis paling umum kedua secara keseluruhan. Jenis psoriasis yang paling mungkin dipicu oleh infeksi strep atau pilek. Tampak kecil, bercak seperti titik (bukan plak besar) di seluruh tubuh.
Psoriasis pustular

Psoriasis pustular muncul sebagai bercak merah dengan pusat nanah. Pustula ini paling sering terjadi pada tangan dan kaki. Jenis ini jarang terjadi pada bayi.
Psoriasis kulit kepala

Dengan psoriasis kulit kepala, plak khusus muncul di kulit kepala, menyebabkan area merah yang timbul dengan penumpukan sel kulit berkerut di bagian atas.
Psoriasis terbalik

Dengan jenis psoriasis ini, lesi merah mengkilap muncul di lipatan kulit seperti di bawah lengan dan di belakang lutut. Jenis psoriasis ini dapat disertai dengan wabah psoriasis di bagian tubuh yang lain. Ini jarang terjadi pada bayi
Psoriasis eritroderma

Jenis psoriasis yang sangat langka dan mengancam jiwa ini menyebabkan ruam merah terang di seluruh tubuh. Ini sangat gatal dan menyakitkan, dan dapat menyebabkan sebagian besar kulit terlepas.
Psoriasis kuku

Jenis psoriasis ini juga jarang terjadi pada bayi. Hal ini menyebabkan pitting dan tonjolan di jari dan kuku kaki, dan bahkan dapat menyebabkan mereka menghitam atau jatuh. Perubahan kuku mungkin atau mungkin tidak disertai dengan lesi kulit.
Apa yang bisa saya lakukan untuk psoriasis bayi?

Jika ditentukan bahwa bayi Anda menderita psoriasis, ada sejumlah opsi perawatan. Banyak obat yang digunakan untuk mengobati psoriasis remaja atau dewasa mungkin terlalu kuat atau memiliki terlalu banyak efek samping yang akan digunakan untuk bayi.

Psoriasis pada bayi sering hanya memiliki gejala ringan, dan pengobatan mungkin tidak mempengaruhi keseluruhan gangguan. Jadi pengobatan terbaik mungkin adalah yang paling tidak memiliki risiko efek samping.

Perawatan untuk bayi dapat termasuk:

    hindari panas dan dingin jika ini tampaknya memperburuk ruam
    menjaga daerah yang terkena tetap bersih dan kering
    terapi cahaya
    lotion dan krim, seperti kortikosteroid topikal dan derivatif vitamin D topikal
    obat oral (biasanya tidak direkomendasikan untuk bayi)
    beberapa paparan sinar matahari alami
    pelembab khusus yang dirancang untuk pasien psoriasis

Psoriasis bayi vs eksim

Eksim adalah kondisi kulit bayi yang sangat umum. Eksim ditandai dengan bercak-bercak merah kering pada kulit. Patch ini paling sering terjadi di belakang lutut, di lengan, dan di wajah, meskipun dapat terjadi di mana saja. Daerah yang gatal gatal, dan bisa pecah atau berdarah.

Eksim tidak akan memiliki penumpukan sel kulit putih bersisik di atas tambalan merah yang biasanya dimiliki oleh psoriasis. Eksim juga lebih mungkin untuk merespon krim dan pelembab yang dijual bebas daripada psoriasis. Eksim sangat jarang mempengaruhi area popok.

Adalah mungkin bagi bayi untuk mengalami eksim dan psoriasis pada saat yang bersamaan. Jika bayi Anda memiliki ruam dan Anda tidak yakin penyebabnya, sebaiknya temui dokter bayi Anda. Mereka akan dapat membantu mengidentifikasi penyebab dan membuat rencana perawatan untuk membantu kulit bayi Anda.
The takeaway

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang dapat mempengaruhi bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Psoriasis pada bayi sangat jarang terjadi. Diagnosis oleh dokter kulit anak mungkin diperlukan. Jika bayi Anda didiagnosis dengan jenis psoriasis, ada opsi perawatan yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar