Mengapa Psoriasis Gatal?

Orang dengan psoriasis sering menggambarkan perasaan gatal yang disebabkan psoriasis sebagai rasa terbakar, menggigit, dan menyakitkan. Hingga 90 persen orang dengan psoriasis mengatakan mereka gatal, menurut National Psoriasis Foundation (NPF).

Bagi banyak orang dengan psoriasis, gatal adalah gejala yang paling menyebalkan dari kondisi ini. Ini bisa cukup parah untuk mengganggu tidur Anda, menghancurkan konsentrasi Anda, dan menghancurkan kehidupan seks Anda. Inilah mengapa Anda gatal dan cara meredakan ketidaknyamanan sehingga Anda dapat fokus pada hidup Anda.
Apa yang menyebabkan gatal?

Ketika Anda menderita psoriasis, masalah pada sistem kekebalan Anda menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak sel kulit, dan melakukannya pada tingkat produksi yang terlalu cepat. Sel-sel mati bergerak dengan cepat ke lapisan luar kulit Anda dan membangun, membentuk bercak merah tertutup dalam sisik, bersisik perak. Kulit juga menjadi merah dan meradang.

Meskipun kata "psoriasis" berasal dari kata Yunani untuk "gatal," di masa lalu, dokter tidak menganggap gatal sebagai gejala utama kondisi tersebut. Sebaliknya, mereka akan menentukan tingkat keparahan penyakit berdasarkan jumlah tambalan bersisik yang dimiliki seseorang. Hari ini, profesi medis semakin mengenali gatal sebagai gejala utama psoriasis.

Rasa gatal ini disebabkan oleh sisik psoriasis, flakiness, dan kulit yang meradang. Namun, juga mungkin untuk gatal di area tubuh Anda yang tidak tercakup oleh skala psoriasis.
Pemicu yang membuat gatal lebih buruk

Ketika Anda mengalami gatal, godaannya adalah menggaruk. Namun menggaruk dapat meningkatkan peradangan dan membuat gatal lebih buruk. Itu menciptakan pola setan yang dikenal sebagai siklus gatal-goresan. Menggaruk juga dapat merusak kulit, yang menyebabkan pembentukan plak yang lebih gatal dan bahkan infeksi.

Stres adalah pemicu gatal lain. Ketika Anda sedang tertekan, Anda lebih mungkin memiliki suar psoriasis, yang dapat memicu serangan gatal lainnya.

Kondisi cuaca juga dapat mempengaruhi gatal. Khususnya, kondisi yang sangat kering dan cuaca hangat telah diketahui memicu atau memperburuk rasa gatal.
Cara untuk menenangkan gatal

Tidak peduli seberapa buruk rasa gatal, cobalah untuk tidak menggaruk atau memilih plak Anda. Menggaruk dapat membuat Anda berdarah dan memperburuk psoriasis Anda.

Banyak terapi yang diresepkan dokter untuk mengobati psoriasis, termasuk fototerapi dan steroid, dapat membantu mengatasi rasa gatal. Jika ini terus mengganggu Anda, cobalah salah satu solusi ini:

    Gosokkan krim tebal atau salep untuk melembabkan kulit. Carilah bahan-bahan seperti gliserin, lanolin, dan petrolatum, yang merupakan pelembab ekstra. Letakkan lotion di lemari es terlebih dahulu agar ia memiliki efek pendinginan pada kulit Anda.
    Gunakan produk pelunakan skala yang mengandung asam salisilat atau urea untuk mengangkat kulit pecah-pecah.
    Oleskan produk penghilang rasa gatal yang dijual bebas yang mengandung bahan seperti calamine, hidrokortison, kamper, benzocaine, atau mentol. Periksa terlebih dahulu dengan dokter Anda, karena beberapa produk anti-gatal dapat memperparah iritasi kulit.
    Jika gatal membuat Anda terjaga di malam hari, gunakan antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl) untuk membantu Anda tidur.
    Mandi dengan dingin, singkat, dan jangan sering mandi. Sering mandi panas bisa mengiritasi kulit bahkan lebih. Melembabkan setelah mandi juga akan menenangkan kulit Anda, dan mengurangi keinginan Anda untuk gatal.
    Berlatih teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi. Metode-metode ini dapat meredakan stres yang menyebabkan flare psoriasis, yang mungkin meredakan gatal.
    Alihkan perhatian Anda. Buat gambar, baca buku, atau tonton TV untuk menjaga pikiran Anda dari gatal yang mengganggu.

Jika psoriasis gatal terus mengganggu Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara lain untuk mengobatinya.

Bagikan kisah "Kamu Punya Ini: Psoriasis" untuk membantu memberdayakan orang lain yang hidup dengan psoriasis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar